Kamis, 13 November 2008

SI KAYA & LAZARUS

Si kaya dan Lazarus

Si kaya masuk ke dalam ruangan dengan pakian yang bagus. Sombong perawakannya, getaran suaranya kencang dan menakutkan.
Si kaya : ”Gon.... gon....”
Goni : ”ya boss. Siap gerakkk...! aeh salah hormat gerak!..
Si kaya : ’Hei... ini bukan untuk main2. Darimana saja kamu ha...”
Goni : ”dari belakang boss”
Si kaya : ”liat ini... (menunjuk sepatu yang sedang dipakainya) Kamu tau tugas kamu ?”
Goni : ”Ya boss... saya tau!”
Si kaya : ”Apa...?”
Goni : ”Menyemir sepatu tuan....”
Si kaya : ”Ya pinter.... ayo kerjakan”

Si kaya menikmati kue kecil sambil membaca koran, sementara si Goni menyemir sepatu yang sedang dipakainya.
Goni : ”boss orang hebat....”
Si kaya : ”ha ha ha ha ha .... semua aku punya, mobil rumah istana, makanan enak ha ha ha ha itu sangat mudah bgiku jadi jangan coba-coba kalau ada orang yang mau mengalahkanku... ha ha ha ha ha
Goni : ”betul boss ha ha ha ha ha.....”
Mereka semua tertawa kegirangan, tiba2 suara petir datang dengan kerasnya.

Petir : ”jeegeeeeeeerrrrrr”
Si kaya dan Goni terkejut, mereka teriak dan menutup telinga
Goni : (ketakutan dan mendekati si kaya) ”aduh boss takut nih.... aduh aduh....”
Si kaya : ”Diam.... jangan buat stresss”

Tiba2 petir datang lagi bahkan lebih keras....
Mereka berteriak dan keluar meninggalkan ruangan dengan ketakutan

____)))

Lazarus lewat dengan tertatih-tatih, pakaiannya kotor, perutnya kosong dan lapar. Mukanya pun tampak pucat dan saat ini ia sedang mengoreki dus sampah. Tak lama kemudian dia menemukan makanan dan ia memakannya dengan lahap.
Lazarus : Inilah hidup... terima kasih Tuhan aku bisa makan sekalipun baru sedikit tapi aku akan mencari lagi

Lazarus pun pergi setelah menghabiskan makanannya

----))

Istri : (masuk ke dalam ruangan, sedang menyiapkan makanan di mej makan).
Si kaya : (Masuk ke dalam ruangan dan makan) mana ikan mas yang aku minta..
Istri : Sebentar lagi sedang dipersiapkan di belakang
Si kaya : Lambat responnya... hayo cepat. Aku kan lapar. Jam segini sudah harus siap makanan... (tiba2) ini daging... daging apaan kok tidak ada rasanya.

Setelah semua siap mereka pun makan bersama2. kemudian datanglah Lazarus mengetuk pintu...
Lazarus : tok..tok...tok
Si kaya : Siapa itu menggangu saja
Istri : Biar saya yang bukakan Pa...
Lazarus masuk...
Si kaya : (terkejud dan muntah di tempat) uahhkkk dasar manusia borok, ngapain kamu di sini?
Lazarus : Tuan saya lapar, boleh gak saya minta makanan untuk mengisi perut saya yang sudah berhari-hari tidak makan.
Si kaya : Hei... manusia borok kamu tidak malu datang ke rumah saya yang indah ini dengan pakaian kumal dan bau borok haaa... pergi sana
Lazarus : (Sujud memohon) maaf tuan tapi saya lapaaaar sekali. Tolonglah saya tuan... saya mohon tuan...karna sebentar lagi saya akan mati kalau saya tidak makan....
Istri : Pa... kasihan sekali dia... hayo berilah makanan. Saya ambilkan yah di dapau banyak makanan kok...”
Si kaya : ”Kamu juga istri yang bodoh... kamu tidak tahu kalo saya harus bekerja keras untuk menjadi kaya. Dulu saya miskin dan tak seorang pun yang mau mengasihani saya... dan kamu hai manusia borok,”
Lazarus : ”Ya tuan....”
Si kaya : ”siapa namamu?”
Lazarus : ”Nama saya Lazarus”
Si kaya : ”ha ha ha ha ha ha ha ha (tertawa somong) kamu harus bekerja keras. Enak saja kamu minta makan”
Istri : ”Udahlah Pa.. kita kasi saja makan dan nati setelah makan kita beri dia pekerjaan, bagaimana?”
Si kaya : ”Apa katamu, beri pekerjaaan.... kita sudah banyak pelayan di rumah ini. Ngapain beri dia pekerjaan ha... mau buang uang lagi untuk membiayai manusia borok ini?”
Lazarus : ”Hayola tuan... aku lapar sekali.... toloooong tuan... aku mohon.... ”
Istri : ”Aduh Pa, kasihan sekali dia hayolah bri dia makan..”
Si kaya : (Si kaya mengambil roti dan mengunyahnya sedikit kemudian menawarkan) mau....ha.... mau gak?
Lazarus : (dengan semangat) mau... mau... mau tuan... mau banget!
Si kaya : ”(menyodorkan) nih ambil cepat?”
Lazarus : (Lazarus mendekat dan mau mengambil tetapi sia-sia belum sampai ke tangannya, si kaya itu melemparkannya ke tempat lain.. tetapi karena Lazarus sangat lapar dia pun memungut roti itu dan memakannya)
Istri : ”Aduh Pa... kasihan sekali dia, makanan itu tetap diambil juga...”
Si kaya : ”Ha... ha...ha... ha.... kasikan makanan anjing kita kepadanya... hayo cepat. Dan aku mau melanjutkan makanku lagi...”
Setelah itu mereka pergi meninggalkan ruangan.

____)))
Malam pada jam makan malam, si kaya dan si Goni alias pembantu sedang makan pisang dan kacang goreng di ruang tamu...

Si kaya : ”Wah Gon enak bener boss kacangnya.. ha ha ha ”
Goni : ”Betul boss dan yang lebi enak lagi di sekitar sini ada seorang yang namanya Lazarus...”
Si kaya : ”Oh ya ya ya saya tahu, ada apa dengannya!”
Gono : ”Dia manusia lapar dan penuh borok. Miskin dan keroncongan. Dia pasti datang untuk memungut remah-remah yang ada di sini... pokoknya ampas2 makanan kita pasti berguna deh....”
Si kaya : ”(Tertawa senang) ha ha ha ha ha kamu memang anak buah yang hebat... tunggu lihat dia datang.....

Lazarus datang dan memungut semua sisa2 pisang dan ampas kacang, kemudian mengunyahnya satu persatu, sementara si kaya dan Goni mempermainkan, mengejek dan terus menertawai mereka tanpa henti sampai Lazarus itu pun selesai memakan remah2 dan kemudian pulang.

Si kaya : ”ha ha ha ha ha....... di sini kita punya anjing kepala hitam ha ha ha ha ”
Goni : ”ha ha ha ha... betul boss”

Tiba2 petir yang sangat kencang datang dan menyambar tubuh si kaya itu dan kemudian matilah dia. Si Goni teriak histeris dan kedengaranlah sampai ke istri. Istri datang dan menagis terisak-isak kemudian bersama si Goni mereka mengangakat mayat si kaya. Karna tidak terangkat mereka menyeretnya keluar....


____))
Tiba di neraka

Si kaya : ”aduh... panas...panas.... neraka ini memang sangat panas”

Kemudian di depannya tampaklah Lazarus bersama bapak Abraham sedang bersantai di kursi sembari mengemil makanan yang enak-enak. Lazarus memakai baju yang sangat bagus dan indah.. Si kaya yang melihat Lazarus seakan-akan tidak percaya bahwa itu adalah Lazarsu.

Lazarus : ”Bapak Abraham, enak sekali ya kuenya dan tempat ini sangat indah sekali.... pokonya aku tidak akan mau lagi kembali ke bumi yang hina itu”
Abraham : ”Tentu tidak anakku. Kau di sini telah masuk dalam hidup yang kekal. Apa saja yang kau minta pasti ada. Mau buah... oh ada, mau roti yang terlezaaat oh ada, baju yang indah... wah ada dong... apa yang tidak ada. Surga ini adalah rumahmu. Kau bahagia di tempat ini...”
Lazarus : Terima kasih Bapak, telah lama aku merindukan semua ini”
Abraham : ”(Sambil merangkul) nikmatilah surga ini. Okey... ”

Tiba-tiba si kaya teriak melihat mereka.
Si kaya : ”Oh panasnya... ditempat ini... Bpk. Abraham kasihanilah aku. Aku haus sekali. Suruhlah Lazarus mencelupkan ujung jarinya ke dalam air dan memberikan setetes air itu padaku”
Abraham : ”Anak, ingatlah bahwa engkau telah menikmati segala yang baik dibumi, punya harta kekayaan dan segalanya. Tetapi sayang kau begitu sombong, pelit, jahat. Sedangkan Lazarus ia hidup miskin, sakit dan lapar tetapi ia mengenal Tuhan. Sekarang ia mendapat hiburan tetapi engkau menderita dalam api itu...”
Si kaya : ”Tapi tolonglah Bapa... aku minta ampun!”
Abraham : ”O..ow di depan ini ada jurang nak. Lazarus tidak akan bisa kesana dan kau sendiri tidak akan bisa kesini.”
Si kaya : ”Kalau begitu aku minta kepadamu Bapa, supaya engkau menyuruh Lazarus ke rumah ayahku di bumi. Sebab masih ada 5 orang saudaraku dan juga istri dan pembantuku. Biarkan Lazarus memperingati mereka dengan sungguh2 agar mereka jangan masuk ke tempat yang penuh penderitaan ini..”
Abraham : ”Di rumahmu di bumi ada alkitab kok... baiklah mereka membaca, merenungkan, dan melakukan firman yang dikatakan dalam kitab Injil itu. Jadi alkitab harus dibaca dan tidak untuk disimpan saja... ”
Si kaya : ”Oh bapak Abraham tolonglah..... toloooooooong’
Si kaya dengan berteriak ia lari keluar. Sedangkan Lazarus dan bapak Abraham mengikutinya dan meninggalkan ruangan.

Selesai

Tidak ada komentar: